7 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memandikan Bayi

Memandikan bayi bisa menjadi sangat sulit namun karena terbiasa maka akan menjadi mudah. Untuk ibu baru, aktivitas ini bisa membuat Anda gugup. Dengan persiapan yang tepat, memandikan bayi Anda bisa menjadi sangat mudah. Berikut hal yang harus Anda perhatikan saat memandikan si mungil.

1.         Menyiapkan Semua Peralatan

Sebelum memulai mandi, siapkan handuk, waslap, sabun, krim bayi, dan pakaian bersih. Ini agar memastikan semuanya mudah Anda raih. Ketika memandikan bayi Anda, Anda tidak boleh kebingungan dan mencari-cari peralatan atau perlengkapan.

2.         Menggunakan Bak Mandi

Saat tali pusar sudah terlepas dari perut bayi, Anda bisa mulai memandikannya dengan berendam di bak mandi. Anda dapat membeli bak plastik anti selip agar bayi tidak mudah bergerak atau tergelincir. Selain itu, bak mandi dengan sandaran bisa menjadi pilihan supaya mencegah kepala bayi terendam saat Anda membasuhnya.

3.         Cek Suhu Air

Demi alasan keamanan, sangat penting untuk memeriksa suhu air sebelum memasukkan bayi Anda ke dalam air. Jangan sampai air mandi terlalu dingin atau terlalu panas. Yang terbaik adalah menguji dengan lengan dan siku Anda. Setelah bayi Anda berada di dalam air, jangan menuangkan air lagi.

4.         Gunakan Waslap

Jika tali pusar bayi Anda belum putus, Anda bisa memandikan bayi dengan spons halus atau waslap. Mulailah membersihkan tubuh bayi dari belakang telinga, tangan, leher, dan kaki. Ingatlah untuk membersihkan sela-sela jari dan kerutan di lengan atau lutut bayi. Rambut dapat dibersihkan di bagian akhir untuk mencegah anak Anda kedinginan.

5.         Selalu Gunakan Produk Bayi

Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga Anda tidak bisa menggunakan produk sabun atau sampo sembarangan. Sabun biasa bisa bikin banyak busa, tapi kandungannya kurang cocok untuk kulit bayi. Sebaiknya Ibu memilih produk perawatan khusus untuk bayi dengan nilai pH netral agar tidak melukai kulit bayi. Sekalipun dalam keadaan tertentu atau perlengkapan mandinya tertinggal, Anda harus mencari produk mandi khusus bayi.

6.         Basuh dengan Lembut

Basuh air ke badan bayi dengan lembut menggunakan satu tangan. Basuh secata perlahan  dari kepala, leher, dan badan. Bilas wajah dengan hati-hari, termasuk di bawah dagu dan keningnya. Basuh juga pantat bayi Anda pada menit terakhir. Jangan memandikan bayi Anda lebih dari 5 menit agar ia tidak kedinginan.

7.         Oleskan Minyak Telon atau Lotion 

Mengoleskan minyak telon atau lotion setelah mandi dapat menjaga kelembaban dan kesehatan kulit bayi. Untuk jenis kulit normal, Anda bisa mengoleskan lotion pelembab bayi setiap kali selesai mandi. Jika bayi Anda memiliki kulit kering atau sensitif, oleskan lotion lebih sering.

Kini Anda bisa menemukan situs toko online yang jual bak mandi serta keperluan mandi bayi di Orami. Situs dengan begitu lengkap kategori belanja. Anda juga bisa beli kebutuhan ibu menyusui sampai kebutuhan anak baru lahir hanya di Orami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 TEST TEMPLATE - WordPress Theme by WPEnjoy