Apa Itu ACL dan Berapa Biayanya?

Pernahkah kamu melihat pesepak bola yang mengalami cedera ACL? ACL atau Anterior Cruciate Ligaments merupakan penstabil utama sendi lutut yang seringkali mengalami cedera. Kalau sudah cidera tindakan yang perlu kamu lakukan yaa seperti fisioterapi, operasi ACL dan tindakan lain yang mendukung kesembuhan. Biasanya mereka yang mengalami kondisi seperti ini akan kesulitan jalan apalagi berlari.

Biaya operasi ACL juga beragam dan pastinya lebih murah daripada hip replacement. Kalau ACL normalnya untuk operasi dan perawatannya butuh biaya sekitar 53 juta dan bisa lebih yaa. Nah bagi kamu yang belum tau bagaimana ACL yang cedera, berikut ulasannya.

Mengenal ACL atau Anterior Cruciate Ligaments

Lutut kita terdiri dari sendi berengsel yang kita kenal dengan ACL, dimana ACL itu jalannya diagonal di tengah tengah lutut, posisi tersebut sangat efektif untuk mencegah tibia meluncur di depan paha. Selain itu bisa juga memberikan stabilitas tulang belakang kea rah lutut.

Nah ACL ini jenis ligament yang sering kita jumpai mengalami cedera, terutama pada mereka yang kegiatan olahraganya intens entah itu bola basket, ski, sepak bola, futsal dan lain sebagainya. Untuk mengetahui kondisi ligament ini biasanya seseorang harus tes MRI terlebih dahulu. Nanti dilihat mana yang mengalami memar atau ligamentnya putus.

Mengenal Tanda Tanda ACL

Operasi ACL harus dilakukan jika memang kondisi kamu jelas jelas tidak bisa disembuhkan hanya dengan fisioterapi. Pada Sebagian besar pasian ACL mempunyai tanda tanda seperti berikut ini:

  • Lutut mengeluarkan suara yang cukup keras ketika cedera.
  • Kamu merasakan sakit yang berlebihan bahkan hingga tidak bisa melanjutkan aktivitasmu.
  • Beberapa jam setelah cedera lutut mengalami pembengkakan.
  • Kamu kehilangan rentang gerak utamanya di sendi lutut.
  • Kamu merasa tidak stabil dan merasa bantalan kaki terlalu berat.
  • Pembengkakan yang kamu alami sejatinya menunjukkan bahwa ada pendarahan di lutut kamu.

Cara Tepat Pendeteksian ACL

Setelah kamu menemukan tanda tanda di atas sehabis kamu cedera, maka lanjutkan dengan konsultasi ke dokter. Dimana mereka akan merekomendasikan kamu ke bagian radiologi guna tes X-ray ataupun MRI.

Jika pendeteksian sudah dilakukan maka lanjut ke proses penanganan. Kondisi ACL penanganannya sudah barang pasti harus dibedah atau operasi ACL. Tujuannya adalah agar kamu lebih stabil dan tentu saja mengembalikan fungsi dari ligament kamu yang robek.

Biasanya kondisi ACL terjadi juga merambat ke tulang rawan articular, ligament kolateral, kapsul sendi, dan sebagainya. Sehingga besarnya biaua operasi ACL kembali lagi bergantung kondisi lutut kamu dan tindakan yang harus di ambil.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2023 TEST TEMPLATE - WordPress Theme by WPEnjoy